RSS

CITA-CITA

10 May

cita-cita merupakan pengharapan dan keinginan akan sesuatu pada angan-angan(ilusi) manusia. Dalam mengejar suatu cita—cita tersebut kita harus berusaha (berikhtiar) dahulu sebelum mendapatkannya, didalam usaha itu kita akan dihadapi dengan permasalahan—permasalahan yang akan menjadi tantangan dan pengujian Allah SWT dan tujuan dari pengujian itu terdapat dalam Surat Al-Ankabut ayat 2-3 “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?

Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan  sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang
yang dusta.”

Dan apabila dari usaha—usaha kita untuk mencapai cita—cita tersebut tidak seperti yang kita inginkan maka Surat Al-Baqarah ayat 216 yang berarti “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” Akan menjadi jawabannya. Dan ingatilah kita semua dengan kalimat berikut “Antaturit wa nahnunnurit wallahu yaf’aluumayurit” yang artinya “Kamu menginginkan, yang kita inginkan. Akan tetapi hanya Allah SWT yang akan mengabulkannya.” Dari kalimat diatas kita seyogyanya sadar bahwa semua usaha untuk pencapaian keinginan atau cita—cita hanya Allah SWT yang mengabulkannya, dan hanya pada Allah SWT semua bermuara.

 
Leave a comment

Posted by on May 10, 2010 in Culture Science

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: