RSS

KEBAJIKAN

10 May

Kebajikan dapat diartikan kebaikan ataupun kehebatan/ keberanian yang dimiliki oleh seseorang sedangkan berani adalah dasar bertindak, penyangga yang baik saat kesulitan datang menguji, dan berani adalah modal awal yang harus dimiliki seseorang dalam memperjuangkan apa yang diyakininya benar. Dari dua arti diatas dapat diambil pengertian yang lebih kompleks yaitu kehebatan/ keberanian seseorang dalam membela kebenaran.

Didalam hidup yang kita jalani adalah suatu perjuangan dan hidup ini adalah arena pertarungan antara kebenaran dan kebatilan. Kebajikan menghadapi tantangan hidup ini merupakan salah satu kekuatan terbaik dalam kehidupan. Tanpa modal kebajikan kita tidak akan pernah dapat memperoleh apa yang menjadi tujuan hidup yaitu kebahagiaan di akhirat.

Hidup di dunia bagi seorang muslim adalah perjuangan untuk menciptakan banyak kebaikan—kebaikan sebagai bekal kita saat berjumpa dengan Allah SWT. Penyudutan seperti ini membuat seorang muslim harus menyadari bahwa untuk menciptakan kebaikan—kebaikan tentunya harus memiliki pondasi yang kuat untuk menghadapi kesulitan dari perjuangan. Pondasi itu adalah keberanian untuk berjalan dalam kebaikan. Kebaikan itu penuh dengan ujian dan celaan dari orang—orang yang telah dikuasai oleh hawa nafsu sehingga apabila kita tidak memiliki keberanian untuk berbeda jalan, maka kita tidak akan mampu memilih jalan kebaikan sebagai jalan hidup.

Apakah kalian kenal dengan tokoh—tokoh penting? Seperti Soekarno, Bung Hatta, R.A Kartini,Pattimura, Soeharto, Gus Dur, dan lain—lain. Pasti anda kenal dengan tokoh—tokoh tersebut karena orang—orang tersebut memiliki sifat keberanian yang mampu menguasai sejarah peradaban. Tidak peduli yang diperjuangkannya jalan kebaikan atau keburukan. Sejarah—sejarah di dunia ini yang dimiliki manusia hanyalah ada untuk manusia—manusia yang memiliki keberanian. Kesulitan, hambatan, bahkan mungkin kematian yang ada di depan mata yang merupakan teman pendamping perjuangan tidak akan berarti apa—apa di depan orang yang memiliki keberanian.

Satu kata yang dapat merangkum tentang perjuangan hidup kita sebagai seorang hamba yang menginginkan kebahagiaan di akhirat yaitu “BERANILAH”. Kita harus berani mengatakan bahwa kita adalah muslim yang menginginkan surga kepada hawa nafsu kita sendiri juga kepada orang—orang fasik. Maka jadikan langkah hidup sebagai sebuah keberanian mencapai kebahagian akhirat. TIDAK BERANI berarti janganlah pernah berharap mendapatkan kehidupan yang dinamis dan bermakna. Kita hidup untuk berani bukan untuk takut.

 
Leave a comment

Posted by on May 10, 2010 in Culture Science

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: