RSS

TUHAN KITA BERBEDA

13 Jun

Judul artikel ini mungkin sangat mengagetkan kalian karena sangat bertentangan dengan dasar negara kita yaitu pancasila yang berbunyi “Ketuhanan yang maha Esa” sedangkan judul ini mengartikan adanya banyak tuhan di dunia ini, tetapi tenang….karena saya ankan menjelaskan maksud dari judul itu. Selain itu posting ini juga saya terbitkan ketika ada penelitian yang mencatat ada lebih dari 100 juta selama 50 tahun yang berpendapat bahwasanya agama itu sama, ini juga dialami secara langsung oleh saya ketika saya sering bertanya—tanya dengan orang—orang yang berkeyakinan berbeda mereka menyatakan bahwa agama memeng berbeda tetapi tuhan kita sama.

“TUHAN KITA BERBEDA” mengapa sampai saya menyatakan ini, karena saya tidak merelakan ketika Tuhan saya disamakan dengan yang lain. Pernyataan ini memang sangat arogan, tetapi pernyataan saya ini didasari dengan alasan—alasan yang jelas.

Pertama, saya berfikir ketika banyak agama di dunia ini bukan berarti ada banyak tuhan, ketika di Indonesia terdapat 6 keyakinan bukan berarti ada 6 tuhan, tuhan itu tetap satu(esa)! Berarti bila menyatakan tuhan Esa maka ada satu agama yang sekiranya memiliki Tuhan yang sebenarnya. Agama mana yang memiliki Tuhan yang sebenarnya? Pertanyaan ini pasti memiliki jawaban yang berbeda—beda. Disaat menanyakan pada agama islam pasti akan menyatakan “Tuhan islam yang benar”, disaat menanyakan pada agama kristen pasti akan menyatakan “Tuhan kristen yang benar”, disaat menanyakan pada agama katolik pasti akan menyatakan “Tuhan katolik yang benar”, disaat menanyakan pada agama yahudi pasti akan menyatakan “Tuhan yahudi yang benar”, disaat menanyakan pada agama buddha pasti akan menyatakan “Tuhan buddha yang benar”, Disaat menanyakan pada agama hindu pasti akan menyatakan “Tuhan hindu yang benar” dan lain—lain. Pernyataan membela seperti ini pasti akan muncul jika ditanyakan seperti itu, tetepi sepertinya pernyataan ini sedikit egois, bukankankah pernyataan harus didasari dengan alasan yang jelas? Satu cara untuk menguji kebenarannya adalah dengan menelaah dan mempelajari kitab—kitab yang diimani secara mendalam, apalagi untuk agama islam, kristen, katolik, dan yahudi yang merupakan agama wahyu Tuhan diberi lebih kemudahan atas kitab sucinya, yaitu meneliti kesucian dari perkataan (wahyu) Tuhan dalam kitabnya. Selain itu mempelajari agama lain tujuannya hanya untuk membandingkan antara agama yang satu dengan agama yang lainnya, dari perbandingan ini maka banyak ilmu—ilmu yang muncul seperti teologi, kristologi, islamilogi walaupun dengan sudut pandang yang berbeda—beda.

Kedua, perbedaan Tuhan dalam agama masing—masing. Ketika katolik dan kristen mempercayai trinitas maka mereka menyembah kepada tuhan bapa(allah), putra bapa(yesus), dan roh kudus sedangkan di agama islam memiliki anutan mononitas yaitu menyembah hanya kepada Allah SWT, bila kita mengatakan “bahwa agama islam merupakan bagian dari 3 tuhan di agama katolik” maka statment ini harus diteliti lagi. Jika katolik dan kristen menjadikan yesus(Isa almasih) sebagai tuhan mereka maka tidak dengan agama islam, agama islam menjadikan yesus (Isa as) sebagai nabi yaitu salah satu dari 25 nabi—nabi yang mulia. Maka statement itu tidak bisa dibenarkan.

Dari dua alasan yang saya berikan untuk artikel “TUHAN KITA BERBEDA” ini semoga dapat menepis pemahaman yang selama ini terbenak di pikiran anda, sekian artikel ini saya buat semoga dapat berguna dikehidupan anda. Bila terjadi pro dan kontra, hal ini sudah biasa karena setiap pemikiran seseorang berbeda—beda karena artikel ini MENURUT PEMIKIRAN SAYA.

Sumber: Pendapat dan pikiran, dan group facebook “ISLAM TERBUKTI BENAR”.

 
2 Comments

Posted by on June 13, 2010 in Islamic, Menurut Saya...

 

2 responses to “TUHAN KITA BERBEDA

  1. nothingwrongwithmylongblackhair

    June 15, 2010 at 11:08 am

    Yang pertama mau gw lurusin sebenernya cuma tulisan lu doang Lan

    menyatakan tuhan Esa

    dimana mana TUHANnya yang besar bukan esa nya😀 kok koco?

     
  2. Anggi

    June 15, 2010 at 4:13 pm

    coba ditambahin
    surat al-kafirun beserta artinya
    biar ga terjadi kesalahpahaman dan ga ada yang merasa dipojokkan🙂

     

Leave a Reply

 
