RSS

Media Baru (New Media)

06 Oct


Media baru atau new media  adalah suatu alat-alat atau barang-barang media tradisional yang telah dikembangkan di era abad ke 20. Jika dahulu rata-rata masyarakat mengunakan media-media tradisional seperti koran,novel,komik, dan buku atau menonton televisi, bioskop dan lain-lain, sekarang masyarakat akan coba dialaihkan ke media baru dengan konsep interaktif yang diusungnya. Konsep interaktif itu biasanya akan ditampilkan kepada konsumer dengan alat-alat seperti komputer dan teknologi-teknologi komunikasi yang terhubung dengan koneksi internet. Media baru sangat terikat dengan koneksi internet dikarenakan untuk mendapat kesan interaktif itu dibutuhkan koneksi tanpa kabel yang akan menghubungkan antara konsumen dengan produk media barunya.

Selain itu keunggulan lainnya yang dimiliki new media adalah dapat menimbulkan kehidupan yang lebih dinamis dan lebih bersahabat dengan konsumer. Dengan keunggulan ini gerakan, nafas serta aktifitas-aktifitas konsumer tidak akan terganggu. Keunggulan media baru ini biasanya bersifat mobile. Keunggulan media baru yang kedua ini pastinya dibutuhkan gadget-gadget yang lazimnya dapat dibawa kemana saja (portable) tanpa mengganggu konsumernya dan yang pasti terhubung dengan koneksi internet.

Keunggulan media baru yang terakhir adalah kebebasan. Kebebasan yang dimaksud disini adalah kebebasan berkreasi, kebebasan mempublikasikan, kebebasan mendistribusikan dan kebebasan mengkonsumsikannya. Produsen-produsen pembuat media baru biasanya mengkreasikan suatu media barunya dengan sebaik-baiknya konsumen yang selanjutnya dipublikasikan atau didistribusikan agar menarik para konsumen. Selanjutnya pengkonsumsian media barunya ada yang berbayar dan ada pula yang gratis.

Contoh alat-alat yang mendukung media baru antara lain handphone(GPRS, 3G, HSDPA, 4G dan setaranya), Blackberry, iPhone, PDA phone, Laptop, Tablet PC, Handheald dan lain-lain. Handphone(GPRS, 3G, HSDPA, 4G dan setaranya), PDA phone dapat dibilang sebagai salah satu media baru dikarenakan gadget-gadget tersebut dapat terkoneksi internet dan juga dapat membrowsing segala sesuatu yang ingin dicari dengan satu alat. Blackberry yang dikeluarkan RIM (Research In Motion) dan iPhone yang dikeluarkan Apple Corporation juga termasuk media baru karena dapat terkoneksi dengan internet, kelebihannya adalah gadget ini selalu terhubung dengan internet oleh karena itu setiap notifikasi dari email, sosial network, dan IM selalu ter update. Laptop, Tablet PC dan Handheald dikatakan sebagai alat media baru dikarenakan dapat terkoneksi internet dan khusus untuk Tablet PC dan Handheald lebih portable. New iTuner TV yang diproduksi Apple juga dapat dikategorikan alat media baru karena dengan alat ini tv kita tidak hanya dapat ditonton melainkan dapat membeli film-film secara e-marketing.

Contoh website media baru antara lain Google, Bing, Wikipedia, eBay, dan Amazon. Google dan Bing dikatakan media baru karena mempermudah konsumen untuk mencari sesuatu karena bersifat search engine selain itu di Google terdapat Google map, Google Earth yang mempermudah konsumen untuk mengetahui lokasi. Wikipedia dikatakan media baru karena tema websitenya membuat konsumen mudah mengetahui pengetahuan yang diinginketahui di wikipedia masyarakat juga dapat menuangkan gagasan-gagasan pengetahuannya disini. Amazon dan eBay merupakan media baru karena websitenya mengusung teme e-marketing.

sumber: wikipedia, apple

 
Leave a comment

Posted by on October 6, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: