RSS

Cloud Computing

24 Apr

komputasi awan (cloud computing) terdiri dari dua kata yaitu cloud(awan) dan computing(komputasi), dari kedua kata ini terdapat arti yang bila digabungkan akan bermakna beda. Cloud(awan) bukan berarti awan yang biasa kita lihat sehari-hari di langit melainkan arti sebuah kiasan dari internet, mengapa dikaitkan dengan internet? karena gambar/simbol awan yang biasa dipakai di jaringan komputer itu bermakna internet. Sedangkan pada komputasi(computing) adalah sebuah metode yg diterapkan pada cloud yaitu metode komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

 

Setelah membahas tentang pengertian komputasi awan diatas, maka saya akan membeberkan keuntungan dan kerugian dari penggunaan komputasi awan ini. Sangat lumrah kiranya setiap pelayanan jika ada plus minus/ untung ruginya, termasuk juga komputasi awan ini, silakan disimak.

Dari segi keuntungan pada cloud cumputing ini salah satunya adalah membuat para pemilik perusahaan dapat menekan biaya investasi pembelian sumber daya, karena dengan menggunakan pelayanan ini para pengusaha tidak perlu membeli hardware server ataupun menyewa jasa IT, semua itu sudah di handeloleh cloud computing. Dari kelebihan yang pertama tadi, perusahaan juga dapat menghemat waktu, yang menjadi keuntungan nomor dua, mengapa menghemat waktu? Karena para pengusaha bisa fokus ke urusan-urusan yang lain dan bisa mengembangkan perusahaan lebih cepat. Selain itu membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah. Karena membuat operasional lebih mudah, maka dapat memotong biaya operasional juga.

Kerugian dari pelayanan ini komputasi awan tergolong sedikit,tetapi bisa sangat berdampak besar atau fatal bagi perusahaan. Pertama perusahaan harus bisa menjamin spesifikasi komputer dan kualitas internet yang dipakai, jika kondisi ini tidak terpenuhi atau terjamin maka para pekerja akan mengalami kendala karena komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Yang kedua perusahaan harus cerdas-cerdas memilih vendor(pemberi layanan cloud computing), dikarenakan perusahaan tidak bisa melihat sumber daya yang dipakai, pasalnya jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.

Contoh-contoh pelayanan cloud computing yaitu ada Amazon Elastic Compute Cloud dan Simple Storage Service, vendor ini melayani di tingkatan infrastruktur. Pada pelayanan platform ada Force.com dan Microsoft Azure investment. Google Apps, SalesForce.com dan aplikasi FaceBook merupakan comtoh cloud computing yang melayani di bagian software (software as a service).

 

Referensi:

http://ilhamsk.com/apa-itu-cloud-computing/

http://www.indonesiancloud.com/id/content/cloud-computing

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

 
Leave a comment

Posted by on April 24, 2013 in Pengantar Komputasi Modern

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: